Mitigasi Bencana BPTU-HPT Denpasar


Pada tanggal 17 Oktober 2023, BPTU-HPT Denpasar melaksanakan kegiatan Mitigasi Bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana di BC Pulukan BPTU-HPT Denpasar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai BPTU-HPT Denpasar dengan Pemateri yakni I Komang Ratawan S.IP Pelaksana Analis Mitigasi Bencana BPBD Jembrana dan I Kadek Kumara Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jembrana.

Mitigasi Bencana menurut UU 24 Tahun 2007 adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, sedangkan menurut KBBI mitigasi adalah kata benda yang memiliki dua makna tergantung konteks penggunaannya. Makna pertama, mitigasi adalah upaya menjadikan berkurang kekasaran atau atau kesuburannya (tentang tanah dan sebagainya). Sedangkan makna kedua, mitigasi adalah tindakan mengurangi dampak bencana.

Pada Kegiatan ini Narasuber menyampaikan materi tentang Bencana Gempa Bumi, Kebakaran, dan Tsunami. Kegiatan ini disambut antusias oleh Pegawai dan Dr. Hary Suhada S.Pt,. M.Sc Kepala BPTU-HPT Denpasar turut serta hadir dan menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Balai terhadap keselamatan dan keamanan pegawai BPTU-HPT Denpasar.

Kegitan Sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi Bencana Gempa Bumi. Pada saat terjadi bencana disamaikan bahwa wajar mengalami kepanikan akan tetapi Tahu bagaimana menghadapi bencana dengan sikap tenang akan lebih bermanfaat untuk mengetahui langkah penyelamatan, tempat berlindung untuk aman, tahu jalur evakuasi dan dapat membantu orang sekitar saat bencana. Peserta sosialisasi juga diajarkan tentang RUMUS AMAN yakni;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Video Kegiatan Mitigasi Bencana BPTU-HPT Denpasar dapat disaksikan pada Link Youtub berikut ini

https://youtu.be/8CUZZkoN8Wg?si=cF1NnuhUHjh2-Kev