Kegiatan Bimbingan Teknis Recording Pembibitan Sapi Potong


8th-post-featured

Tanggal 25 – 29 April bertempat di hotel Jimbarwana Jembrana, BPTU HPT Denpasar melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Recording Pembibitan sapi Potong yang di ikuti oleh petugas dari 15 provinsi peserta uji performans sapi potong dan petugas dari Direktorat perbibitan.

15 Provinsi peserta uji performant ini antara lain : Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat, NTB, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Lampung, Kalimantan Barat, Aceh, Sumatra Utara, Jambi dan Sumatra Barat.

Bimtek Recording Pembibitan Sapi Potong yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Pertanian RI, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas teknis pusat maupun daerah dalam melaksanakan kegiatan uji performans.

Narasumber dari kegiatan ini adalah Dosen dari Universitas Udayana, Dosen Universitas Brawijaya, Dinas Peternakan Provinsi Bali, Staf Ahli Ditjennak, dan dari BPTP Denpasar. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain Manajemen Pembibitan ternak, Rekording ternak, Pengenalan Sofware koleksi data uji performans sapi potong, perkembangan pembibitan di Provinsi Bali, karakteristik dan syarat-syarat bibit sapi potong, Program pembibitan di BPTU-HPT Denpasar, Manajemen Kesehatan Hewan, Manajemen dan teknologi pakan ternak.

Kegiatan praktek dilaksanakan di pusat pembibitan pulukan selama sehari dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di Instalasi Populasi KTT Setiawan Desa Klating, Tabanan.

Dengan mengikuti bimtek recording ini diharapkan peserta mampu melakukan pencatatan di daerah masing-masing dan melaporkan hasil recording kepada BPTU sebagai stasiun uji performans.

"Uji Performans untuk memilih ternak sapi potong berdasarkan sifat kualitatif dan kuantitatif merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah dan mutu sapi potong unggul dan bermutu tinggi”