
Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menggunakan alat bantu berupa kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat pengguna layanan sebagai responden secara langsung, pertanyaan kuesioner meliputi 14 unsur yang mengacu pada keputusan Menteri Pengayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004.
Indeks Kepuasan Masyarakat Instansi Pemerintah yaitu:
- Prosedur pelayanan, yaitu kemudahan tahapan pelayanan yang dilihat dari kesederhanaan, dan kejelasan alur pelayanan.
- Persyaratan pelayanan, yaitu persyaratan teknis ataupun administrasi yang diperlukan untuk memproses suatu layanan
- Kejelasan pelayanan, yaitu kepastian petugas yang memberi pelayanan.
- Kedisiplinan pelaksana, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama konsisten waktu pelayanan.
- Tanggung jawab petugas pelayanan, yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas penyelenggara.
- Kemampuan petugas pelayanan, yaitu tingkat keahlian petugas dalam melayani ataupun menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat.
- Kecepatan pelayanan, yaitu target waktu penyelesaian yang telah ditentukan unit penyelenggaran pelayanan.
- Keadilan mendapatkan pelayanan, yaitu target waktu penyelesaian yang telah ditentukan unit penyelenggara pelayanan
- Kesopanan dan keramahan petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas secara ramah dan sopan serta menghormati dan menghargai masyarakat.
- Kewajaran biaya pelayanan, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk suatu jenis pelayanan harus terjangkau dan tidak memberatkan masyarakat.
- Kepastian Biaya pelayanan, yaitu kepastian biaya yang dikeluarkan dengan biaya yang telah ditetapkan
- Kepastian Jadwal pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan sesuai dengan ketentuan yang dilaksanakan
- Kenyamanan Lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana yang bersih dan nyaman terhadap penerima layanan
- Keamanan Pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan di unit penyelenggara pelayanan sehingga pengguna layanan merasa aman.
Dari Hasil survey yang dilaksanakan pada Tahun 2017 maka dapat diuraikan sebagai berikut:
- Kuisioner Pelayanan diisi oleh 402 Responden
- Hasil Analisa :
- Jumlah kuisioner 402 yang didistribusikan dikembalikan oleh responden mencapai 402 kuisioner atau 100 %
- Nilai rerata dari seluruh aspek penilaian yang diberikan total responden adalah 3,65 (kategori memuaskan)